Beranda | Artikel
Bimbingan Islam dalam Pemberian Nama Bayi (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)
Sabtu, 22 November 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Kholid Syamhudi

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Bimbingan Islam dalam Pemberian Nama Bayi

Salah satu hal yang perlu kita ketahui berkaitan dengan bayi adalah masalah memberikan nama pada bayi. Islam menganjurkan kepada kita untuk memberikan nama-nama yang baik kepada anak-anak kita. Bahkan hal ini merupakan hak dari seorang anak yang terlahir ke dunia.

Islam telah memberikan petunjuk kepada umat-umatnya dalam memberikan nama kepada anak-anak mereka. Islam menganjurkan untuk memilihkan nama yang mempunyai makna yang bagus. Di dalam Al-Qur’an Allah juga menyinggung berkaitan denga memberikan nama pada bayi. Allah Ta’ala berfirman:

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيّاً

“Wahai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.”. (QS Maryam [10]: 7)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

سبعة من السنة في الصبي يوم السابع: يسمى ويختن

Simak penjelasan selengkapnya mengenai Pemberian Nama-Nama Bayi Islami ini, dengan mendownload ceramah agama dari seri fiqih keluarga ini.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Bimbingan Islam dalam Pemberian Nama Bayi

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/9686-bimbingan-islam-dalam-pemberian-nama-bayi-ustadz-kholid-syamhudi-lc/